Fakta-Fakta Mengapa SpongeBob Kena Teguran KPI


Siapa disini yang suka banget sama kartu Spongebob SquarePants? Tidak cuma anak-anak bahkan orang dewasa pun suka. Tapi, baru-baru ini sebuah program "Big Movie Family: The Sponsbob SquarePants Movie" yang di tayangkan oleh GTV diberikan sanksi teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Tapi hal ini justru menimbulkan sejumlah polemik di masyarakat, karena tayangan tersebut tidaklah sepenuhnya buruk bagi anak-anak. Ingin tahu kelanjutannya? Makanya baca terus artikel ini sampai selesai ya...

1. Spongebob SquarePants VS KPI


KPI memang di tugaskan untuk mengamati pertelevisian Indonesia, mereka akan memberikan teguran kepada tayangan-tayangan yang melanggar. Seperti halnya yang diperintahkan saat ini, KPI menerbitkan sanksi atas penayangan "Big Movie Family: The Spongebob SquarePants Movie" di GTV.

Jadi KPI menilai bahwa tayangan ini mengandung unsur kekerasan, tapi karena teguran ini membuat publik geram dan menganggap bahwa teguran ini dilayangkan kepada serial Spongebob nyatanya bukan.

Saat dilansir dari VIVA Mulyo Hadi Purnomo mengatakan bahwa dalam program GTV ada program namanya Spongebob Squarpants Movie dan di dalam program itu sekmen film kartun yang berjudul Rabbids Invasion yang di dalamnya ada beberapa adegan kekerasan yang di siarkan pada jam anak-anak menonton.

Sanksi berupa teguran tertulis dan telah dilayangkan kepada pihak yang menayangkan program itu, padahal seperti yang kita tahu animasi Rabbids Invasion memang sering menampilkan adegan-adegan bertengkar untuk terlihat lucu yah.

2. Tidak Hanya Sekali Ditegur KPI


Tapi kamu harus tau nih, ternyata tayangan kartun Spongebob Squarepants yang sesungguhnya pernah mendapatkan teguran.

Pada tahun 2014 KPI pernah memberikan sanksi pada beberapa tayangan animasi anak salah satunya adalah Spongebob Squarepants.

Saat itu KPI berpendapat tayangan tersebut memiliki dampak buruk bagi perkembangan fisik dan mental anak karena mengandung muatan kekerasan fisik, penggunaan senjata tajam, kata-kata kasar, adegan berbahaya, muatan pornografi, dan salah satu contohnya adalah karakter Sandy si tupai karena mengenakan bikini.


Tentu saja netizen menduga sensor berupa pengaburan terhadap tayangan kartun tersebut atas kebijakan KPI, gimana menurut kalian?

3. Dibela Netizen


Animasi Spongebob sejak dulu tentu menjadi kartun yang banyak di sukai oleh anak-anak maupun kalangan dewasa oleh karena itu penggemar kartun ini banyak yang membela dan memprotes KPI. Bentuk protes mereka dengan membanding-bandingkan tayangan sinetron yang kurang pantas.

Selain itu beberapa waktu yang lalu hastag #SAVESPONGEBOB menjadi trending di twitter indonesia, tidak cuma itu #BUBARKANKPI juga trending di indonesia dengan twit sebanyak 8800 twit.

4. Kontroversi di Negara Asal


Kartun si kuning Spongebob juga punya kontroversi di tempat lain selain di indonesia sekarang. Dilansir dari Situs Newyork Post kontroversi tayangan kartun Spongebob ternyata juga pernah jadi bahan perbincangan hangat di negara asalnya yaitu Amerika Serikat.

Karena kartun Spongebob Squarepants pernah dianggap mendukung kelompok Gay. Maksudnya gimana ya? Jadi, tayangan kartun Spongebob SquarePants pernah ramai di bicarakan sejumlah media di Amerika Serikat.

Mereka menuding karakter yang di populerkan oleh Nickelodeon ini mendukung homo seksual, alasannya karena karakter dalam Spongebob memiliki ciri flamboyan di tambah lagi sang karakter sering terlihat bergandengan mesra satu sama lainnya.

Tapi hal itu di bandah oleh Stephen Hillenburg si creator Spongebob SquarePants, iya menjelaskan bahwa karakter yang diciptakannya justru tidak berkelamin karena dia ingin bisa mewakili setiap orang.

Itulah beberapa fakta mengenai mengapa Spongebob kena teguran KPI, tapi tidak hanya animasi Spongebob saja loh yang di tegur KPI.

Seperti biasa... Terima kasih telah membaca artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel